radio online

Selasa, 13 Desember 2011

DIINGINNYA SUASANA HATI DI AIR TERJUN CIISMUN



CIANJUR - Selain berfungsi sebagai tempat penelitian berbagai spesies tanaman dari seluruh Indonesia dan mancanegara, agar tumbuh dan berkembang, Kebun Raya Cibodas-Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (KRC-LIPI) Kabupaten Cianjur juga berfungsi sebagai tempat wisata.
Salah satu destinasi wisata di sana yakni Curug atau Air Terjun Ciismun. Air terjun Ciismun yang mempunyai ketinggian sekitar 20 meter merupakan salahsatu tempat wisata di KRC-LIPI yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan.
Air terjun ini berjarak sekitar satu kilometer dari gerbang belakang dan berada dari samping kiri gerbang. Menuju lokasi Ciismun, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Namun, jika kita melalui gerbang utama air terjun ini berjarak kurang lebih dua kilometer.
Air terjun Ciismun, adalah salahsatu di antara beberapa curug atau fasilitas hiburan yang ada di kawasan Kebun Raya Cibodas-LIPI. Berada di kaki Gunung Gede-Pangrango yang berhawa dingin, KRC–LIPI memang ditata untuk memberikan kesejukan kepada para pengunjungnya.
Pihak pengelola sengaja membangun jalan menuju air terjun Ciismun, dan jalan air untuk melengkapi keindahan panorama alam di wilayah itu. Di kiri dan kanan jalan air ditata secara permanen untuk mencegah erosi.
Selain digunakan sebagai latar belakang (Background) pengambilan poto. Curug Ciismun juga sering dijadikan tempat untuk mendinginkan suasana hati dan pikiran oleh sebagian pengunjung ketika sedang menghadapi kejenuhan dan cape akibat rutinitas kerja. Bahkan, tak jarang pengunjung yang tidak tergoda untuk sekedar mandi atau basah-basahan.
Kebun Raya Cibodas-LIPI, terletak di Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kab Cianjur. Jaraknya sekitar 85 km dari Jakarta atau sekitar 90 menit perjalanan melalui jalan raya Bogor-Puncak-Cianjur. Dan terletak di ketinggian sekitar 1.500 meter dengan berhawa sejuk 18 derajat celcius.
Selain Curug Ciismun, KRC-LIPI, memiliki kekayaan flora yang luar biasa. Selain aneka tumbuhan langka, di salah satu sudut taman raya ini terdapat pula rumah kaca berisi dengan jenis-jenis kaktus dan anggrek.
Selama melakukan perjalanan menuju ke Curug Ciismun. Setiap pengunjung akan dipayungi dengan rindangnya pepohonan yang tinggi dan tumbuh di kanan-kiri jalan. Di latari keindahan pemandangan puncak Gunung Gede yang terasa begitu dekat. Setiap pengunjung dijamin tidak akan merasa kelelahan karena indahnya suara kicauan burung dan gemercik air sungai senantiasa akan menemani perjalanan anda.
Bagi yang sudah jenuh dengan rutinitas kerja harian dan sesaknya suasana di tengah kota, kesejukan kawasan KRC-LIPI terutama di kawasan air terjun Ciismun. Dijamin, beban penat yang menimpa pun akan terasa sirna karena terbayar oleh kesejukan dan keindahan air terjun Ciismun.
Staf Jasa Informasi KRC-LIPI Cianjur, Dwi Novia Puspitasari mengatakan, kesejukan di Kebun Raya Cibodas merupakan dampak dari penataan kawasan yang didominasi pohon-pohon besar, diantaranya cemara dan rasamala. “Selain mempertahankan keberadaan berbagai jenis pohon di seluruh kawasan, Kebun Raya Cibodas juga ditata mengikuti kontur tanah,” ujarnya
Tebing-tebing di kawasan Kebun Raya Cibodas juga ditata dengan rapi. Terdapat jalan lebar dengan tatanan batu yang dibuat berbelok-belok. Air Terjun Ciismun, Air Terjun Cibogo, dan jalan air merupakan tempat yang jarang dilewatkan pengunjung.
Pada hari Minggu, pengunjung yang datang bisa mencapai 15.000 orang, tetapi pada hari biasa jarang ada rombongan yang datang. Selain mendapatkan kesegaran di dalam kawasan Kebun Raya Cibodas, para pengunjung pun bisa membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang. (des)

Sumber : http://www.radarsukabumi.com

0 komentar:

Posting Komentar